Sabtu, 26 November 2011

CARA PENYAMBUNGAN DARI KOMPUTER KE MODEM


Untuk koneksi dengan internet, kita harus menyambungkan komputer pada modem. Jika anda menggunakan modem internal, pastikan modem sudah terpasang dengan baik pada Communication Port yang kosong. Setelah itu nyalakan komputer, dan ikuti langkah-langkah sederhana berikut:

1. Klik Start > Control Panel. Komputer akan menampilkan jendela Control Panel.

2. Pada jendela Control Panel, klik ganda ikon Phone and Modem Options. Klik pada bagian modem, jika anda sudah menginstall modem, maka akan tampil jendela modem properties. Jika anda ingin menambah driver modem baru, klik Add.


3. Windows dapat melakukan deteksi otomatis terhadap perangkat modem yang telah terpasang pada komputer anda, tapi hal ini terbatas pada modem yang telah dikenali oleh windows. Jika anda memilih deteksi secara otomatis, maka kosongkan kotak Don’t detect my modem, lalu klik Next. Jika modem yang terpasang terdeteksi oleh windows, akan muncul pesan ‘The following modem has found on Communication Port : Com1 / Com2’. Pada bagian tengah muncul nama modem yang ditemukan, misalnya Standard Modem. Jika Anda memiliki modem jenis baru disertai file driver dalam disket / CD-ROM, sebaiknya anda memilih deteksi manual sehingga dapat memanfaatkan fitur terbaru dari modem tersebut misalnya kemampuan support 56kbps, fax, dan voice. Untuk itu, pilih kotak Don’t detect my modem, dan klik Next.

4. Pada menu selanjutnya, ditampilkan daftar modem yang telah dikenali dan disediakan drivernya oleh windows. Pilih tipe modem yang sesuai dengan modem anda, lalu klik Next. Jika anda tidak memiliki file driver, anda dapat memilih type Standard Modem, misalnya dengan kecepatan 28800 bps, lalu klik Next sehingga anda dapat langsung menuju langkah 7. Jika anda memiliki file driver (disket/CD-ROM) yang disediakan vendor modem (pabrik), maka pasanglah disket/CDROM tersebut, lalu klik Have Disk.



5. Pada kotak dialog Install From Disk, masukkan disket/CDROM yang berisi file driver modem anda, pilih drive yang sesuai, misalnya A:\ atau pilih CDROM. Pilih Browse untuk memilih drive lain.



6. Jika file driver berhasil diambil, maka komputer akan menampilkan kotak dialog Install New Modem mengenai driver tersebut. Pilih driver yang sesuai, lalu klik Next.


7. Setelah itu, anda dapat menentukan port komunikasi (COM) modem tersebut terpasang. Misalnya, anda memilih port COM1 karena biasanya modem terpasang pada port tersebut, kecuali dipakai untuk media lain. Lalu klik Next.



8. Jika langkah anda benar, modem akan terpasang pada komputer anda. Klik Finish untuk mengakhiri setup modem anda. Untuk melakukan koneksi Internet, anda harus melakukan setting dial-up untuk menentukan nomor telepon ISP yang menyediakan akses internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar